9 Lab di Teknik Industri Telkom (3)

Assalamualaikum semuanya. Oke, kali ini mumpung masih niat-niatnya buat tulisan maka dari itu kuputuskan untuk melanjutkan postingan sebelum-sebelumnya mengenai lab yang ada di Teknik industri telkom. Nah, mungkin kali ini aku coba menjelaskan secara singkat mengenai 4 lab terakhir yang bisa dibilang juga 4 lab ini merupakan lab untuk tingkat atas. Sebelumnya udah kujelasin mengenai lab gartek, apk, prosman, sispromasi, dan sipo. Kan udah 5 lab tuh, sisa 4 yaitu lab pdev (product development), simbi (simulasi bisnis), tekmi (tekno ekonomi), dan PFT (tata letak fasilitas).

  1. Lab Product Development (PDev)

PDEV

Ini merupakan lab keenam yang ada di Teknik industri. Lab ini memiliki fokus ke dalam pengembangan produk (yaiyalah, cuman aku terjemahin aja hehehe). Kalau aku bilang sih ini merupakan perkembangan dari Gartek yang mana di gartek kita belajar desain aja. Nah, kalau disini kita mendesain suatu produk tidaklah asal-asalan. Alias ada tahapan pengembangannya, ndk ujuk-ujuk ada produknya terus dijual gitu. Jadi, garis besarnya dalam praktikum ini kita belajar bagaimana sih membuat produk yang memang dibutuhkan oleh customer dan bagaimana proses pengembangannya sehingga ketika digunakan oleh customer itu benar-benar bagus dan mereka puas akan produk yang kita ciptakan.

Oh iya, ketika di angkatan ku, keempat lab ini berjalan bersamaan dalam satu semester dan keempat lab ini saling berintegrasi. Di awalpun juga sudah diminta diintegrasikan. Tapi di akhir-akhir tidak terlalu terintegrasi juga sih kalau menurutku. Kalau di awal sendiri itu, masing-masing kelompok dibagikan topik mengenai produk yang nantinya harus dicari inovasinya. Kelompok ku sendiri yang terdiri dari Dede dan Sembada kebagian topik alat bantu ajar, dari situ kita harus mencari inovasi-inovasinya. Untuk integrasinya sendiri adalah, ketika di awal modul apa yang kita usulkan harus dibuat desainnya terus list biayanya yang nanti berhubungan ke tekmi, terus proses pembuatannya yang berhubungan ke simbi, dan terakhir fasilitas yang dibutuhkan dimana akan berhubungan ke ranah PFT.

  1. Lab Simulasi Bisnis (Simbi)

Simbi

Lab selanjutnya adalah simbi atau simulasi bisnis. Perlu kalian ketahui, mata kuliah yang berkaitan sama lab ini adalah simosi (simulasi dan pemodelan sistem). Di lab ini seperti yang udah kukatakan sebelumnya bahwa akan mengolah proses-proses apa aja sih yang dilakukan ketika membuat produk usulan kita. Disini kita melakukan simulasi menggunakan software ProModel. Jadi di software tersebut kita memodelkan apa yang sekiranya terjadi di pabrik jikalau kita mau ngebuat produk kita. Di lab ini kita tidak hanya sekedar memodelkan nya saja, tetapi kita juga akan melakukan uji-uji salah satunya uji validitas, terus juga disini kita akan menghitung waktu maintenance dari suatu mesin pokoknya lengkap deh.

  1. Lab Tekno Ekonomi (Tekmi)

Tekmi

Lab yang ketiga adalah tekmi. Nah, disini lumayan muter otak bagi yang tidak begitu suka masalah ekonomi yak, hehehe. Soalnya salah satu output dari praktikum ini adalah studi kelayakan dari sisi ekonomi nya, dan itu dilihat dari beberapa nilai seperti NPV, PBP, IRR, dan BCR. Dan untuk mendapatkan nilai itu haruslah melalui rintangan excel yang panjang. Tapi jika kita paham akan bagaimana langkah-langkahnya sehingga keluar nilai tersebut dan tau maksut dari nilai-nilai tersebut, itu semua sangatlah berguna lho khususnya bagi kita yang seorang Teknik industri. Terutama di lomba-lomba Teknik industri, biasanya ada nih perhitungan yang kayak begini. Dan mantep banget kalau kalian bener-bener paham. Bisa dibilang sih, lab-lab atas ini sangat bermanfaatlah, yaa meskipun semua lab bermanfaat ya materinya hahaha.

  1. Lab Perancangan Tata Letak dan Fasilitas (PFT)

PFT

Lab yang keempat dan yang terakhir adalah PFT. Dari nama labnya sih udah jelas bahasan yang dibahas disini adalah mengenai tata letak. Nah, jadi kan di sini kita itu tidak hanya disuruh membuat suatu produk tetapi membuat suatu perusahaan yang memproduksi produk buatan kita. Otomatis, ketika kita buat suatu perusahaan perlu yang namanya tempat produksinya kan. Di PFT ini kita akan belajar mulai dari mencari lokasi pabrik hingga tata letak fasilitas yang kita gunakan dalam pembuatan produk kita. Jadi outputan dari praktikum di lab ini adalah lokasi pabrik dan juga layout di dalam pabrik kita dimana hasil keputusan itu semua mempertimbangkan berbagai macam faktor-faktor yang ada.

Naah, itulah 4 lab terakhir dari 9 lab yang ada di Teknik industri telkom. Akhirnya lunas juga untuk postingan ini wkwk. Ini juga gegara lagi ndak ada kuliah jadi bisa nulis tulisan ini. Yaa, pada intinya sih memang banyak banget lab yang ada di TI telkom ini. Semua bidang memang diharapkan dapat kita pelajari di TI ini, seperti halnya di bidang manufaktur yang ada bagian desain nya, pengembangannya, instalasinya, lalu juga di bidang ekonomi yang mana kita harus tau bagian manajemennya, finansialnya, dan segala macam yang berkaitan dengan itu.

Memang berat, ketika menjalani praktikum praktikum ini semua apalagi yang praktikumnya ada disuruh ngumpulin laporan. Tapi semua itu berguna, ada yang berguna ketika membuat laporan KP ada juga yang berguna ketika membuat proposal lomba dan berguna untuk lainnya. Sesuai dengan sabda Rasul Muhammad “…bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat untukmu dan meminta tolonglah pada Allah, serta jangan engkau malas…” HR Muslim). Karena apa yang kita lakukan ini adalah bermanfaat bagi kita, maka dari itu kita harus semangat. Dan ini untuk semua pekerjaan yang sedang kita lakukan. Ketika memang pekerjaan itu bermanfaat bagi kita, maka bersemangatlah. Tetapi jika terdapat kesulitan balik lagi ke sang pencipta yaitu Allah SWT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: