Berlabuh ke Pulau Sumatera (2)

Assalamualaikum semuanyaaa. Okok jadi post kali ini mau ngelanjutin cerita sebelumnya. Kan masih kagak jelas tuh cerita. Bisa dibilang masih tanggung tuh. Kalau diibaratkan suatu film, istilahnya masih prolog nya tuh. Belum klimaks to the max. Lol. Laaanjuuut nih yaaa.

Jadi setelah udah dapet idenya, selanjutnya adalah pembuatan proposalnya kan ya. Naaaah, di bagian ini nih aku sama sekali guabut nya minta ampuun. Jujur aja nih, kontribusi yang kutuangkan dalam pembuatan proposal ini bener bener miniiim dah. Kalau di buat presentase…. mending ndk usah dibuat deh, soalnya kecil banget hahaha. Jadi, mulai dari desain alatnya pakai software solidwork sampai ke analisisnya itu di buat oleh kak tari. Nah, aku cuman buat cover proposalnya aja hahahaha. Bahkan sampai pengumpulan proposalnya via email, aku aja belum baca isinya kyk gimana hahaha. Parah bet kan. Yang kayak gini nih jangan ditiru yak.

Tapi memang saat itu, mungkin karena aku dan kak juju masih baru dalam hal lomba product design jadinya bingung apa yang harus dilakukan. Yang kita ketahui mah cuman produknya apa, inovasinya apa, fungsinya apa, gitu dah pokoknya. Yaa, meskipun begitu berkat kontribusi besar dari kak tari, proposalnya pun terkirimkan ke panitia INPACT. Daan selanjutnya adalah menunggu hasilnya.

Booom, eng ing eng ternyataaa lolooos. Wow wow, sumpah saat tau proposalnya lolos ini aku bener bener girang segirang girangnya dah. Seingetku sih aku sampai sujud syukur di asrama hahaha, dan untungnya sih di kamar asramaku saat itu lagi sendiri. Jadi pada ndk tau hahaha. Tapi sakjane ya ada dua rasa yang menyekimuti hati ini #ceileh. Yang pertama senengnya bukan main, kompetisi pertama dan lolos ke babak final dan finalnya itu di Medan. Rasa yang kedua adalah menyesaaal sumpah, kenapa kok gitu? Ya ibaratnya proposal ini hanya dibuat oleh kak tari aja hahaha mengingat kontribusi kita yang kurang.

Setelah tau lolos final, kelompok ku berdiskusi lagi nih untuk mempersiapkan tahap final nanti. Salah satunya adalah x-banner, hiasan, dan prototipe. Karena, nantinya akan ada acara expo gitu tentang produk para finalis. Oh iya, selain kelompok ku yang lolos ada 2 kelompok lainnya dari telkom yang lolos. Pertama kelompoknya bang rizqon, bang mamin, dan kak tika mereka ini aslab gartek dan juga aslab sipo. Terus kelompoknya bang fachmi, bang alen, dan kak desty mereka ini aslab gartek dan aslab apk. Jadi total ada 3 tim perwakilan telkom untuk lomba ke USU.

Lanjuut nih yaa, Untuk menebus kurangnya kontribusi dalam pembuatan proposal kita bener bener serius menyiapkan persiapan yang dibutuhkan sebelum berangkat ke Medan. Mulai dari ke pengrajin angklung, mencari tempat buat prototipe dan segala macem deh pokoknya. Bener bener exicted banget dah lomba pertama ini. Karena, jujur nih yaaa, ini pertama kalinya aku ke Sumatra dan pertama kalinya ke Medan. Bener bener wah deh.

Hingga pada akhirnya hari H keberangkatan ke Medan pun tiba. Kita semua berangkat dari bandara hussein untuk menuju ke bandara kualanamu Medan. Dan enaknya ikutan lomba gini, biaya nya di cover oleh pihak kampus, ya meskipun ada beberapa dari kita juga. Ya cuman seneng aja, pakai uang kampus untuk naik pesawat, ke medan lagi hahaha.

Sesampainya di Medan, langsung tuh disambut sama pihak panitia. Tapi yang buat keren itu adalah bandara nya. Kualanamu memang juara deh bandaranya. Bagus banget, ada stasiun kereta apinya juga yang memang menjadi salah satu sarana transportasi untuk menuju bandara.

Nah untuk babak finalnya sendiri dibagi jadi 2, pertama itu presentasi dan expo. Oh iya, kalau ndk salah itu kita sampai di Medan ada selang beberapa hari sebelum hari presentasi nya. Nah disini kita sempat tinggal di rumah kak tari, kebetulan banget ini ternyata kak tari itu orang Medan hahaha. Dan keuntungan lainnya adalah sempat satu malam itu kita semua diajak jalan2 makan mie aceeeh. Wow banget kan, itu bener bener pertama kalinya aku makan mie aceh dan rasaanya enak sumpah. Selain makan, diajak juga keliling gitu di kota Medan.

Akhirnya hari presentasi dan expo pun tiba, disini semua finalis akan mempresentasikan produk buatannya dihadapan juri dan expo yang dihadiri seluruh mahasiswa USU khususnya jurusan teknik industri karena yang mengadakan lomba ini adalah teknik industri USU. Disini banyak pelajaran yang bisa kuambil setelah kelompokku presentasi. Pertama kuasai apa yang kamu buat, karena disini memang kurangnya kita adalah yang mengerti akan metode product design hanyalah kak tari saja. Jadinya kita ndk bisa ngebantuin kak tari ketika tanya jawab soal metode. Terus, buktikan secara konkrit, buat latar belakang yang bener bener rapih. Ini aku juga berterima kasih sama kak tari, dengan melihat latar belakang yg dibuat sama kak tari mulai terbuka tuh pemikiran ku. Dan terakhir jangan kapok atau jangan takut mencoba untuk kedua atau kesekian kalinya. Kenapa aku berkata begini? Ya, saat itu tim ku belum mendapatkan juara.

Juara 1 diraih tim UB, juara 2 tuan rumah USU, juara 3 timnya bang alen, dan juara favorit timnya bang rizqon. Yaaa dari 3 tim, telkom mendapatkan 2 gelar. Disini seneng karena bisa membuat bangga alamamater tapi ada rasa sedihnya juga karena saat itu aku belum bisa ngebuat tim ku juara. Saat itu juga aku masih inget nih kata kata bang alen, wah zi kamu itu masih tingkat 1 udah keren bisa lolos final, kakak aja baru lolos dan juara ya di tingkat 3 ini, perjalanan masih panjang dan lomba masih banyak. Kurang lebih sih kayak gitu.

USU 2015
Tetap senyum meskipun belum juara ;D

Intinya mah jangan nyerah aja, itu yang kutanamkan dalam diriku sampai sekarang. Dan setiap ada lomba yang sesuai dengan keilmuan teknik industri harus dicoba. Juara ndk juara urusan nanti, yang penting tetep bisa juara hahahaha #mbuleti. Naaah, jadi gittu temen-temen pengalaman ku lomba di Medan. Oh iya btw aku juga sempet nyobain durian Ucok sama bika mbon dan bolu meranti lho hahaha. Itu semua makanan khas yang ada di Medan. Jadi kalau temen2 mau ke Medan pastinya ndk akan nyesel deh. Apalagi kalau bisa juara hahahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: