Tahun Pertama di Semester 2

Assalamualaikum teman-teman semua. Sesuai dengan judulnya, kali ini aku akan menepati janji yang pernah ku bilang. Yaitu membahas kuliah sebagai seorang mahasiswa Teknik Industri di Telkom. Nah, kali ini aku mau ngebahas mengenai masa kuliah ku di tahun pertama pada semester 2. Sebelumnya nih, mau ngasih penjelasan dulu. Ada yang mau aku sampaikan nih sebelum masuk ke ceritanya.

Jadi sebenernya, aku tulis postingan ini ketika sudah berada di semester 6 mau ke semester 7 alias udah hampir dipucuk lol. Sebenernya nih, mau ceritain masa perkuliahan yang baru-baru ini. Ya cuman ndk asik rasanya kalau ceritanya tidak dimulai dari awal. Dari pada loncat-loncat mendingan flow like water. Lol.

Okey, jadii langsung aja ya untuk di semester 2 ini masih sama dengan di semester 1 sebelumnya. Maksutnya sama itu, di semester 1 dan 2 ini yang merupakan tahun pertama itu pada dasarnya adalah masa masa TPB (Tahap Persiapan Bersama). Dimana matkulnya itu masih dasar-dasar banget belum menyentuh ke arah TI nya. Kalaupun di semester 2 ini aja aku cuman dapet matkul yang masuk ke ranah TI nya sendiri itu ada 2 matkul dari 8 matkul yang aku ambil. Selebihnya merupakan matkul dasar, macam kalkulus, fisika, kimia, bhs indo dan masih banyak lainnya.

Untuk 2 matkul yang udah ada kaitannya dengan TI itu ada APK atau Analisis pengukuran kerja dan Probstat atau probabilistik dan statistik. Dan di semester ini yang paling ku suka adalah ketika belajar APK ini. Mungkin bisa dibilang aku exicited banget sama pelajaran ini. Dan ilmu dari pelajaran ini bener-bener kepakai bahkan sampai sekarang. Kalau di Telkom, matkul APK nya itu nanti akan di bagi 2 gitu.

Jadi di semester 2 yang akan dipelajari itu berfokus pada pengukuran kerja, jadi materinya berkisar tentang time study, motion study, dan juga belajar peta kerja. Nah, bagian keduanya sendiri itu akan didapatkan di semester 3 yaitu APK&E. Matkul ini merupakan matkul lanjutan dari semester 2 tetapi lebih berfokus kepada ergonomi. Apa itu ergonomic?? Nanti akan kita bahas. Sekarang mah pingin cerita-cerita sedikit mengenai semester 2 dulu. Hehehe.

Selain tadi ada APK, satu lagi yang sudah agak menjurus kearah TI adalah Probstat. Kalau probstat sendiri hubungannya nanti akan kea rah statistika industri. Jadi jangan salah, tidak hanya anak statistika aja yang belajar statistika #mbulet tapi anak TI pun juga akan belajar statistika khususnya untuk statistika industri. Kalau boleh jujur nih ya, dosen ku untuk Probstat ini gokill abis dah. Nama beliau adalah Pak Tata. Kata senior, probstat ini termasuk matkul yang sulit karena banyak perhitungannya. Kalau dibilang 11 12 lah sama kalkulus. Tapi ternyata stereotype itu hilang karena Pak Tata menjelaskan matkul probstat itu dengan bener-bener jelas sejelas jelasnya. Kalau ku bilang sih, aku suka dengan teknik pak Tata mengajar. Yang pertama itu beliau dekat dengan mahasiswanya jadi ndk senggang gitu terus metode pak Tata yang selalu memberikan target latihan menghitung ke kita itu adalah teknik yang tepat.

Kenapa ku bilang tepat, kalau dipikir pikir lagi semua hal akan menjadi mudah kalau hal itu dilakukan berulang-ulang. Bahkan bukan mudah lagi tapi akan menjadi sudah terbiasa dan bisa jadi jago. Contohnya aja pemain basket, sepak bola, atau atlet olahraga lainnya. Mereka dari kecil mungkin sudah melatih kebiasaan mereka baik untuk menendang bola, melempar, atau lainnya. Hingga sekarang pun mereka masih melakukan aktivitas itu. Jadi ndk salah kalau mereka menjadi mahir di bidang mereka masing-masing.

Mungkin ini sih yang bisa aku lihat ketika pak Tata ngasih targetan latihan soal yang telah kita kerjakan. Dimana semakin banyak soal yang kita kerjakan untuk latihan membuat kita itu semakin terlatih hingga pada akhirnya ketika ujian tiba. Nah, selain pak Tata ada juga dosen yang bener bener membuat aku dan temen-temen kaget. Beliau adalah dosen KPST yaitu Pak Posma. Kalau kalian mau tau ya, beliau ini memiliki gelar pendidikan bejibun.

Awalnya kita semua ini kagak percaya kan ya dengan banyaknya gelar bapak satu ini. Tapi begitu disuruh liat Wikipedia eh tau nya betulan. Dan kagetnya lagi sih, profil Pak Posma ini memang bener-bener ada di Wikipedia, ya meskipun Wikipedia ini bisa di edit semua orang tapi salut. Salutnya adalah dengan gelar yang beliau dapatkan itu pastinya ilmu-ilmu yang beliau miliki itu banyak kan. Yaa, kalau disangkutin ke ajaran ku sih dimana kita sebagai orang islam itu wajib untuk menuntut ilmu. Karena ilmu itu yang ngasih kan juga dari Allah SWT, harus kita pelajari dan pastinya harus bisa diamalkan.

Hmmm… palingan itu aja kali ya untuk cerita di semester 2 kali ini. Sebenernya mah, ada kegiatan yang ingin aku sampaikan. Mungkin di luar post ini hehe. Dimana pengalaman pertama ku yang tak terlupakan deh. Tunggu aja post berikutnya yaa. Nuhun guys.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: