Tahun Pertama di Semester 1

Bismillah

Assalamualaikum kawan, ketemu lagi nih dipostingan blog ku. Kali ini aku pingin nyeritain keseruan ku berkuliah di jurusan S1 Teknik Industri Telkom University. Banyak orang bilang kalau jurusan ku ini jurusan teknik nya anak IPS. Kenapa? Soalnya jurusan teknik yang belajar manajemen, psikologi, sosial, dan lainnya hanya ada di teknik industri. Coba aja cari jurusan teknik yang lain, mana ada belajar pelajaran anak IPS SMA. Tapi ya pastinya ndk hanya belajar materi IPS aja.

Perlu kalian ketahui ya, Teknik Industri itu fokus ke 3 hal. Ketiga hal ini yaitu, design, improvement, installation dari sistem integrasi. Nah, sistem integrasi itu antara lain man, machine, method, material, information. Ntar aku jelasin lebih lanjut di postingan ku tentang PTI alias Pengantar Teknik Industri. Dari sini udah ketahuan jelas sih sebenernya teknik industri itu gimana. Intinya sih anak teknik industri akan mempelajari semua hal yang berkaitan dalam ranah industri. Mulai dari SDM, SDA, mesin, money, informasi. Itu semua akan dipelajari di teknik industri. Kalau aku bilang sih, anak teknik industri ini lebih difokuskan untuk jadi manajer. Jadi tahu akan semua hal, tapi hanya dasar-dasarnya aja.

Pas semester 1 matkul yang aku dapet, belum masuk ke ranah teknik industri. Bisa dibilang matkulnya ngulang pelajaran anak SMA. Sebenernya pas semester 2 juga masih belajar materi SMA, istilahnya TPB. Matkulnya pas semester 1 itu kalkulus, fisdas, bhs.inggris, agama, alpro, dan PTI. Mungkin hanya alpro sama PTI aja yang beda pas SMA. Kalau alpro itu algoritma pemrograman, jadi belajar bahasa pemrograman java. Mungkin ada sebagian SMA kalian yang udah belajar bahasa java. Tapi di SMA ku belum dipelajari bahasa java. Pas SMA, aku belajarnya animasi pakai flash.

Ndk kebayangkan, seorang teknik industri juga harus bisa pemrograman. Meskipun ndk sehebat anak informatika atau sistem informasi. Seru sih sebenernya belajar alpro, karena kita bermain logika. Kalau logika kalian jalan, ya pastinya ndk kesulitan. Aplikasi yang aku gunakan pas belajar alpro ini pakai netbean sama eclipse. Selain alpro, matkul seru lainnya yaitu PTI. Di matkul ini pemikiran tentang teknik industri lebih terbuka. Pas pertemuan kuliah PTI, sempet aku bertanya ke dosennya. Pertanyaan ku simpel, “Bu, kan teknik industri belajar banyak hal. Tapi hanya dasar2nya aja. Ntar ndk bisa fokus dong bu. Bisa2 kita kalah dengan jurusan yang lain.” Kurang lebih aku bertanya seperti itu. Nah, dosen ku jawabnya gini “Di telkom, teknik industrinya terdapat kelompok keahlian. Di kelompok keahlian itulah kalian bisa memfokuskan apa yang kalian minat.” Kurang lebih inti jawaban dosen ku seperti itu.

Seperti yang aku bilang di awal, kalau teknik industri itu banyak yang dipelajari. Tapi di telkom ini terdapat beberapa kelompok keahlian. Di kelompok keahlian ini kita bisa memilih apa yang sesuai keahlian kita sehingga berguna pas bekerja nanti. Ntar aku akan jelasin kelompok keahlian apa aja di teknik industri telkom. Kaprodi ku pernah bilang kalau punya ilmu itu jangan setengah-setengah. Kalau ilmu kita hanya setengah2, perusahaan kagak ada yang mau nerima kita. Paling ndk, kita harus punya satu keahlian yang bener2 bisa kita handalkan.

Jadi berguna banget deh kelompok keahlian ini. Dan dari jawaban dosen PTI ku tadi membuat ku dapet pencerahan. Artinya seorang teknik industri itu tidak harus bisa semua hal, kita bisa fokus ke yang kita minati. Tetapi, tetap dalam ranah teknik industri. Mungkin ada beberapa pekerjaan yang memang nuntut kita harus bisa semuanya, seperti seorang manajer atau seorang konsultan. Seorang manajer perusahaan harus bisa mengurus keseluruhan perusahaan. Banyak sekali aspek yang ada dalam perusahaan, tetapi seorang manajer tidak harus ahli dalam semuanya. Untuk itu butuh orang  lain yang bener2 ahli di bidang tersebut.

Apalagi seorang konsultan. Wah, konsultan itu bener2 berat. Seorang konsultan perusahaan dituntut dapat menyelesaikan permasalahan dalam sebuah perusahaan yang masalahnya bukan main. Kenapa bisa begitu, kalau sebuah perusahaan meminta tolong ke konsultan sudah pasti masalah yang dialami perusahaan ini tidak dapat diselesaikan oleh internal. Makanya memanggil konsultan, bayarannya pun ndk murah lho. Seru deh jadi seorang anak teknik industri itu.

Ntar aku lanjutin pengalaman berkuliah di telkom. Kalau postingan yang sekarang di semester 1, ntar di postingan selanjutnya bercerita mengenai masa2 di semester 2. Jadi pantengin terus aja blog ini. Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kalian semua ya. Assalamualaikum.

Advertisements

2 thoughts on “Tahun Pertama di Semester 1

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: