Research Group Pertama

Bismillah

Assalamualaikum mas bro dan mbak sis. Gimana kabarnya? Sehat2 aja kan. Almhamdulillah. Di postingan kali ini, aku mungkin ndk ngelanjutin cerita pengalaman kuliah aku pas semester 2. Ku tunda dulu. Kali ini aku pingin cerita tentang VIGNETTE. Apa sih vignette, makanan? Minuman? Benda? Jadi vignette itu adalah singkatan dari Visual Design Research and Competition.

Di teknik industri telkom, beberapa lab di teknik industri telkom ini terdapat yang namanya research group. Ada juga yang namanya study group. Di research group ini akan belajar sesuai dengan lab yang mengadakan research group atau biasa disingkat RG. Nah, Vignette ini adalah RG yang diadakan oleh lab Gartek atau gambar teknik. Nah, pas tahun 2014 kemarin adalah tahun pertama RG Gartek dibentuk dan alhamdulillah aku menjadi salah satu angkatan pertama dari RG ini bersama 19 orang lainnya. Di RG ini aku belajar banyak software design, antara lain photoshop, illustrator, flash, AutoCad, Catia dan lainnya.

Tetapi di RG ini kita ndk hanya belajar aja, kita juga diberi tugas pada pertemuan akhir RG untuk membuat suatu riset menggunakan satu software yang kita inginkan. Selain riset, kita juga akan diikutkan lomba2 yang berkaitan dengan design. Nah, enaknya masuk RG ini ketika ada lomba, kelompoknya akan di campur dengan kakak2 aslab nya. Jadi bisa berbagi ilmu dalam perlombaannya.

Banyak sekali ilmu yang didapat pas di RG ini, apalagi dalam hal mendesign. Nah, yang paling ku tunggu pas RG ini yaitu ketika belajar software 3D. Karena, aku sangat tertarik dengan animasi 3d, biasanya ngelihat filmnya aja tapi pas di RG Vignette bisa tahu caranya buat. Tetapi, sayangnya laptop ku yang kagak kuat ngehadepi software 3d nya hehehehe. Akhirnya pas tutorial sama kakak aslab, aku cuman bisa pantengin aja kakak aslabnya. Ya paling ndk aku tau dasar2nya. Jadi ketika udah punya laptop yang jos gandos ndk perlu bingung lagi.

Oh iya, pas RG Vignette ini aku ngambil riset tentang animasi juga. Tapi bukan animasi 3d, melainkan animasi 2d. Ide yang paling pertama kali muncul dibenak ku pas buat riset ini adalah, aku berencana buat yang namanya stick man. Kalau kaliam ndk tau apa itu stick man, coba aja dah search di yutub stick man animation terutama coba cari animation vs animator. Wah dijamin seru dah, dan perlu diketahui cara buat stickman 2d itu dibuat dengan software flash yang notabene ndk terlalu berat2 amat layaknya software 3d gitu. Jadi masih cocok lah sama laptop ane yang pas-pas an.

Tetapi, pas aku coba buat stick man nya ternyata sulit amat buatnya. Karena pakai mouse jadi agak sulit buat figurnya. Kalau yang udah master biasanya punya alat khusus. Jadi menggambarnya ndk pakai mouse tapi pakai pensil yang udah langsung kehubung ke laptop, smart pen gitu dah. Ya, alhasil karena dengan mouse figur stick man ane kagak bagus2 amat. Sederhana aja hehehe.

Selain riset, juga ada kompetisi yang pernah ane ikuti saat di RG Vignette. Lombanya itu di USU Sumatera Utara. Namanya itu IE Fair. Jadi lomba ini mengusung tema Inovasi Produk untuk Meningkatkan Produk Lokal. Aku sekelompok sama Kak Tari angkatan 2011 yang merupakan aslab Gartek dan Kak Juju angkatan 2013 yang merupakan anggota Vignette juga. Alhamdulillah dari Telkom, 3 tim berhasil melaju ke babak final dan tiga-tiganya berasal dari anak Gartek Teknik Industri semua. Alhamdulillah tim ku masuk juga, tapi ini berkat kak Tari. Karena ide untuk lomba IE fair ini berasal dari kak Tari juga hehehe. Meskipun pas final, kelompok ku ndk juara tapi aku seneng  banget karena udah dapet banyak pengalaman dari perlombaan itu. Tambah seneng lagi ketika 2 kelompok Telkom lainnya dapet juara 3 sama juara favorit.

Dari situ aku tambah motivasinya untuk mengikuti banyak perlombaan lagi baik bersama temen Vignette maupun di luar itu. Biar nambah pengalaman lagi, apalagi kalau bisa juara. Sebuah bonus yang alhamdulillah sekali.

Sekian dah postingan ku kali ini tentang Vignette. Pantengin terus aja ya postingan ku selanjutnya. Jangan bosen2. Hehehe. Terima kasih. Asslamualaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: