Otomasi Menurutku….

Bismillah

Assalamualaikum semuanya. Alhamdulillah bisa posting lagi. Kali ini aku akan ngebahas apa itu otomasi. Kenapa harus otomasi dan sebenernya apa itu otomasi. Ikutin aja postingan kali ini. Karena aku akan menjelaskan sedikit mengenai otomasi. Jadi perlu kalian ketahui, aku kenal dengan yang namanya otomasi ini pas acara festival lab di hari ketiga ospek telkom. Jadi di teknik industri telkom ada salah satu lab yang namanya SISPROMASI atau sistem produksi dan otomasi. Dari situ aku tertarik untuk memperdalam yang namanya otomasi

Nah, kebetulan pada saat akhir semester 1 ada yang namanya assistant research dari keprofesian otomasi. Perlu kalian ketahui, keprofesian ini sama seperti kelompok keahlian. Ikutan deh aku dengan assistant researchnya. Kalau RG gartek namanya Vignette, sedangkan assistant research otomasi namanya Inspira. Di Inspira kami berdelapan orang bersama kakak senior belajar bersama mengenai otomasi.

Otomasi itu bisa dibilang proses yang otomatis yang dapat mengontrol suatu proses operasi dengan alat mekanik dan sistem otomasi dapat menggantikan yang namanya manusia baik itu dalam mengambil keputusan atau pun dalam proses pengamatan. Kalian lihat aja sekarang di perusahaan besar, semua proses yang dilakukan mayoritas dilakukan oleh mesin2 yang bergerak sendiri tanpa perlu bantuan manusia. Hampir semua sudah dikendalikan oleh mesin, bisa dibilang mesin mengendalikan mesin.

Perlu kalian tahu bahwa otomasi sama otomatis itu beda, jangan disamakan lho. Yang buat beda itu di otomasi terdapat yang namanya sistem kontrol. Sistem kontrol ini berfungsi untuk mengawasi, mengontrol, memprogram. Kalau otomatis ndk ada yang namanya sistem kontrol. Sistem kontrol contohnya itu adalah PLC atau Programmable Logic Control.

Kalau menurut ku, masa depan udah pasti bisa ketebak dah. Pastinya akan lebih banyak hal2 yang serba otomatis. Salah satunya aja rumah, aku pernah berpikiran bahwa sistem otomasi ini diterapkan di rumah masa depan. Segalanya serba otomatis layaknya dalam perusahaan. Meskipun sekarang sudah ada yang namanya smart house, tapi aku pingin bener menciptakan yang namanya rumah berbasis otomasi.

Ngomongin tentang sistem otomasi, ada 3 elemen yang terdiri dari sistem otomasi. Pertama adalah sensor. Banyak jenis sensor yang ada, mulai dari sensor logam, sensor orang, selain itu sensor juga bisa dijeniskan kedalam switch atau tombol. Dapat disimpulkan sensor itu adalah sebuah input. Kedua adalah controller, kalau sensor input maka controller adalah prosesnya. Di controller inilah bisa dikatakan otaknya, artinya terdapat fungsi2 logika yang dibaca lalu diterjemahkan untuk menuju ke output. Lebih jelasnya tunggu postingan ane mengenai PLC ya hehehe. Terakhir adalah output atau biasa disebut aktuator. Setelah mendapat perintah dari controller maka aktuator akan mengeksekusi perintah tersebut. Aktuator ini bisa dalam bentuk relay yang berguna untuk menyalakan lampu atau juga bisa dalam bentuk solenoid ataupun silinder yang dapat bergerak maju mundur.

Tapi perlu diingat kawan. Dengan adanya sistem otomasi ini jangan sampai kita seperti di film Wall-E. Di film itu orang2 acuh dengan yang ada disekitarnya, semuanya serba otomatis. Jadi meskipun kedepannya akan serba otomatis dan menggunakan sistem otomasi tapi tetep ada batesannya. Artinya kita harus tahu mana yang perlu dibuat otomatis mana yang tidak.

Nah, gimana penjelasan ane mengenai otomasi. Mudah2an dapat pencerahan tentang otomasi ya. Meskipun ndak terlalu banyak mudah2an bermanfaat. Oh iya, dari assistant research Inspira akan mengeluarkan buku seputar tentang otomasi. Kalau udah jadi insyaallah akan ku publish deh. Pantengin aja ya. Assalamualaikum.

Advertisements

4 thoughts on “Otomasi Menurutku….

Add yours

  1. Wah mantap nih mau ngeluarin buku, semoga cepet publish ya. Jaman ane dulu belum kesampaian nih :”
    Kalo bisa sekalian bikin channel youtubenya sekalian, bikin video pengenalan otomasi jadi orang punya bayangan tentang otomasi dari awal..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: