My New Journey

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum kawan, kali ini aku pingin cerita mengenai pengalaman pas masuk di tempat kuliah ku yang tercinta hehehe TELKOM UNIVERSITY. Jadi aku masuk telkom itu lewat jalur tulis yang kalau ndk salah namanya itu UTG II alias ujian tulis gelombang II. Perlu kalian ketahui, ujian tulisnya ini diadakan di berbagai tempat di Indonesia salah satunya dan bisa dibilang pas banget yaitu di SMA ku di surabaya, yaitu SMAN 1 Surabaya. Jadi pas banget karena ujian untuk daerah Surabaya dan sekitarnya diadakan di SMA ku, Alhamdulillah ndk perlu ribet-ribet dah.

Sebenernya nih ya, aku ikut ujian telkom ini hanya untuk cadangan aja. Sebelum ini aku sebenernya berharap di jalur SBMPTN. Ya apa mau dikata, mungkin bukan jodohnya di SBMPTN malah berjodoh di telkom dah. Ya bukan malah sih sebenernya, ini emang udah jadi pilihan ku. Kalau ngomongin tentang perasaan ku ketika kagak diterima pas SBMPTN itu ya sedikit kecewa dan juga mungkin lebih ke menyesal sih. Soalnya kalau ku pikir-pikir, aku kurang berusaha keras pas persiapan SBMPTN ini. Jadi menyesal sih, juga sedih atas perjuangan ortu ku juga yang udah ngelesin di lbb.

Jadi bisa dikata kalau ini udah konsekuensi dari pilihan ku. Karena ane kurang gigih pas persiapan SBMPTN ya otomatis dampaknya kagak diterima. Mungkin dengan tidak diterimanya di SBMPTN menjadi jalan terbaik ku yang diberikan oleh Allah dan alhamdulillah terbukti dengan aku berkuliah di telkom. Ya meskipun baru setahun tapi aku udah nyaman dengan suasana kuliah di telkom ini terutama di jurusan ku sekarang yaitu teknik industri. Perlu kalian tau ya, pas SBMPTN itu pilihan aku itu bukan teknik industri melainkan geologi ITB dan juga UNPAD. Setelah dipikir-pikir lagi pas di telkom, aku itu kagak cocok sebenernya di ranah geologi itu. Karena kata kakak ku anak geologi itu harus suka travelling, soalnya kerjanya itu selalu kerja lapangan. Nah, disitu ketidakcocokan ku. Lah terus kenapa aku pilih? Mungkin kalian semua bertanya kayak gitu. Jawabannya simpel, karena pas itu yang aku kejar adalah duit. Anak lulusan geologi itu bayarannya mahal-mahal, dan itu alasan pertama ku milih geologi. Ya mungkin karena tujuan ku udah salah yak, hehehehe.

Tapi intinya buat kalian yang akan menghadapi ujian SBMPTN atau SNMPTN yang pertama kali perlu dipastiin itu pilihan jurusan antum ketika kuliah nanti. Jangan salah kayak aku yang tujuannya duit. Semua jurusan akan menghasilkan duit kalau kite berusaha keras. Kata orang-orang mah rezeki udah ada yang ngatur, yaitu Allah SWT. Kalau udah berusaha mencari nafkah, pasrahkan kepada Allah. Kalau udah mantep jurusannya baru fokusin ke persiapan ujiannya. Jangan setengah-setengah, kalau bisa semua soal latihan dari lbb dikerjain semua. Salah satu hal yang buruk dari ku pas persiapan SBMPTN itu kagak ngerjain semua soal latihan yang dikasih sama lbb atau soal latihan manapun. Itu berasa nyesel banget dah.

Nah, bagi kalian yang udah terlanjur seperti aku ada dua opsi menurut ku ya. Pertama, apabila kalian punya cadangan kuliah seperti aku mending jalani dulu aja dah. Mungkin aja itu memang jalan yang terbaik buat antum. Atau opsi kedua, kaliam berusaha lagi untuk SBMPTN tahun depan dan ingat jangan disia-siakan lagi kesempatan keduanya. Aku aja hampir milih opsi yang kedua sebenernya, tetapi ada beberapa alasan yang membuat ku mantep untuk berkuliah di teknik industri telkom. Alhamdulillah, aku cocok dan bersemangat untuk berkuliah di telkom ini.

Awalnya emang radak males-malesan untuk kuliah di telkom. Pas diterima, ngurusin surat-surat kelanjutannya aja radak males karena pas itu masih berharap di SBMPTN sih. Ya, tetep berpikir positif dengan pilihan ku insyaallah memang yang terbaik. Pas mau berangkat ke Bandung aja, radak sedikit ndk yakin gitu. Ndak yakinnya itu, wah udah kuliah nih, wah udah merantau nih, wah baru balik setahun lagi nih. Pikiran-pikiran itu muncul pas mau berangkat ke Bandung. Alhamdulillah dengan pendirian yang mantep untuk membahagiakan ortu dan ndak pingin ngulangin kesalahan lagi dan tentunya ndak pingin lagi ngecewain ortu, aku berangkat dah sendirian ke Bandung untuk berkuliah di telkom.

Oh iya kalau di telkom itu pas tahun pertamanya itu akan tinggal di asrama yang ternyata pas pertama kali beda dengan ekspektasi ku. Tapi ndk seru kalau aku cerita di postingan ini. Mungkin aku akan cerita tentang tahun pertama di telkom di postingan selanjutnya. Udahan dulu postingan kali ini. Semoga ada pesan-pesan yang kalian dapat ambil dari cerita aku ini. Terima kasih. Assalamualaikum.

Alhamdulillah.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: